Aplikasi Ukur Seberapa Adiktif Anda dengan Smartphone

jasadh

(Foto: Mashable) (Foto: Mashable) CALIFORNIA - Smartphone sudah menjadi kebutuhan utama bagi sebagian pengguna. Pemilik smartphone setiap hari bisa menggunakan perangkat ini untuk berbagai keperluan. Apakah Anda termasuk orang yang kecanduan smartphone?



Dilansir Mashable, Kamis (15/5/2014), aplikasi Android bernama BreakFree bisa mengukur seberapa adiktif Anda terhadap smartphone yang digunakan. Aplikasi ini bisa mencatat waktu yang Anda luangkan ketika memakai smartphone.



Aplikasi ini mencatatkan seberapa sering Anda membuka smartphone dan berapa lama waktu yang Anda habiskan untuk membuat panggilan telefon. Nantinya, pengguna dapat melihat skor dan aplikasi akan menyarankan Anda untuk beristirahat dari penggunaan smartphone secara berlebihan.



"Kami ingin untuk membuat orang menyadari bahwa perusahaan manusia lebih baik daripada perusahaan telefon," ungkap pembuat aplikasi BreakFree, Mrigaen Kapadia.



Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk membuat jadwal agar secara otomatis smartphone mematikan notifikasi suara dan internet. Selain itu, aplikasi juga dapat diatur untuk merespon pesan masuk secara otomatis serta 'auto-rejecting' pada panggilan telefon.



Dengan demikian, pengguna bisa beristirahat untuk sementara waktu dari penggunaan smartphone yang dianggap berlebihan. BreakFree gratis diunduh di Play Store, tetapi pengguna bisa mendapatkan versi premium dengan harga USD1,99.



Menurut studi oleh perusahaan Flurry, ditemukan 176 juta pecandu perangkat mobile atau 'mobile addicts' di seluruh dunia. Angka ini naik 123 persen dibandingkan riset tahun lalu. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon