70 Tahun Lalu Bumi Pernah Ditabrak Meteor Besar

jasadh

Ilustrasi (Foto: Softpedia) Ilustrasi (Foto: Softpedia) EDMONTON - Para peneliti dari University of Alberta di Kanada mengatakan, Bumi pernah ditabrak meteor pada 70 juta tahun silam. Peneliti mengatakan, meteor tersebut meninggalkan sebuah kawah selebar 8 kilometer atau sejauh lima mil.



Para ahli mendokumentasikan keberadaan struktur kawah yang menyerupai cincin di Alberta , Kanada. Menurut informasi dari Science News, struktur ini diyakini sebagai sisa-sisa dari kawah yang baru terbentuk pada saat meteorit itu mendarat di Alberta selatan.



Dikutip melalui Softpedia, Jumat (23/5/2014), kawah cincin tersebut dilaporkan tidak sedalam puluhan juta tahun lalu. Para ahli menduga bahwa kawah ini telah terkikis oleh berbagai fenomena alam dan waktu.



Para ilmuwan yang berkesempatan meneliti kawah tersebut mengatakan, jika teori mereka benar, maka kawah tersebut saat ini memiliki kedalaman sekira 1,6 hingga 2,4 kilometer.



“Kita tahu bahwa dampak kejadian itu telah berlalu selama 70 juta tahun lalu. Ketika itu hampir sekitar 1,5 meter (hampir 1 mil) dari sedimen tanah telah terkikis," ungkap peneliti Doug Schmitt dari University of Alberta.



Para ilmuwan juga menambahkan, jika saja hal itu terjadi sekarang, maka potensi kerusakannya akan sangat besar. “Sesuatu sebesar itu, melemparkan banyak puing-puing di udara. Berpotensi memiliki konsekuensi global selama beberapa dekade," tutupnya. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon