Waspadalah, Aplikasi Berbayar Terpopuler di Android Adalah Sebuah Scam

jasadh

Google beberapa bulan yang lalu telah memastikan bahwa sekalipun lebih dari 90 persen mobile malware ada di Android, tapi selama pengguna senantiasa memilih untuk mendownload aplikasi resmi via Google Play Store, maka besar kemungkinan ponsel mereka akan tetap aman dari malware. Well, kabar terbaru ini mengindikasikan bahwa Google tampaknya harus siap membenahi sistem pengamanan mereka, karena salah satu aplikasi terpopuler di Play Store adalah sebuah scam alias penipuan.


Sebelum lebih jauh, perlu diketahui bahwa ada berbagai macam malware di platform mobile. Ada yang bisa mencuri data-data pribadi Anda kemudian mengakses data perbankan pengguna, ada yang sekedar mengumupulkan data pribadi pengguna untuk kemudian dijual pada pengiklan, ada yang langsung menginstall malware dan merusak ponsel pengguna, dan ada juga yang mengirimkan link-link mencurigakan dan membuat pengguna berlangganan layanan SMS premium.


Melihat kondisi tersebut, maka tak heran jika seorang pengguna yang memiliki kekhawatiran besar cenderung memilih untuk segera menginstall sebuah aplikasi antivirus di ponsel mereka. Di sinilah para pelaku scam alias penipuan tersebut melihat celah untuk mendapatkan keuntungan berlipat ganda: membuat sebuah aplikasi antivirus palsu.


Dari hasil penelusuran yang dilakukan oleh tim Android Police, mereka mendapati bahwa aplikasi berbayar baru yang menempati urutan pertama di Google Play Store adalah sebuah penipuan. Aplikasi bernama Virus Shield ini sama sekali bukan sebuah antivirus, dan parahnya lagi, aplikasi ini dibanderol $4 untuk sekali download!


Dari hasil penelusuran bahasa coding di dalam aplikasi, tim Android Police mengungkapkan bahwa aplikasi ini sama sekali tak melakukan apa-apa terhadap ponsel. Aplikasi ini hanya sekedar mengubah logo aplikasi; dari tanda ‘X’ menjadi centang ketika pengguna mengaktifkan aplikasi, tidak lebih.



Android Police juga menemukan fakta bahwa tim developer di balik Virus Shield sebelumnya telah diblokir dari website lain lantaran aksi penipuan yang mereka lancarkan. Untungnya kini aplikasi tersebut telah dicoret dari Play Store, jadi tidak akan ada lagi pengguna lain yang kehilangan $4 mereka. Maka dari itu, waspadalah!


Source Android Police via GSM Arena


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon