Tolak Pernikahan Gay, CEO Mozilla Mengundurkan Diri

jasadh

Brendan Eich baru saja menjabat CEO di Mozilla Corporation ketika ia harus menerima kritikan dari para pegawainya. Karena itupula ia harus melepas jabatan CEO yang baru ia pegang kurang dari satu minggu.


Eich sebelumya merupakan pimpinan divisi teknologi di Mozilla. Masalah timbul ketika dewan direksi mengumumkan promosi jabatan bagi Eich untuk menduduki kursi CEO. Sejak pengumuman itu banyak pegawai Mozilla mengungkapkan keberatan mereka via Twitter. Apa pasalnya?


Keberatan para pegawai Mozilla bukan tanpa alasan. Itu karena Eich terkenal sebagai sosok yang menentang Proposition 8, sebuah voter campaign di Kalifornia yang berhasil membuat pengadilan negara bagian tersebut melegalkan pernikahan sesama jenis. Melihat protes pegawai yang masif, Eich memutuskan mengundurkan diri.


Hal buruk yang menimpa Eich bukan kali pertama terjadi pada orang-orang terkenal. Itu karena kehidupan mereka di media sosial dipantau banyak orang sehingga siapa saja bisa dengan mudah memahami arah politik, orientasi seksual, dan hal-hal lain yang sifatnya pribadi dari diri mereka. Apa yang diungkap CEO dan yang ia lakukan, terutama di era media sosial seperti sekarang ini, bukan lagi masalah pribadi yang bisa disembunyikan.


Dalam postingan resmi di blog Mozilla, dikatakan bahwa pengundurkan diri Eich semata sebagai itikad baiknya untuk merespon apa yang terjadi di Mozilla. Selain itu juga dikatakan bahwa mundunya Eich adalah untuk menciptakan hubungan yang lebih baik dengan para pegawainya.


Namun bukan berarti seluruh pegawai Mozilla menentang Eich dan mendukung pernikahan gay. Banyak pula yang mendukung posisi Eich dengan mengatakan bahwa komunitas gay semakin tidak terkontrol. Bahkan seorang pengguna Twitter, Richard Hernandez, dengan lantang mengatakan dirinya mendukung Eich dan menentang pernikahan sejenis.


Sementara itu internal Mozilla masih menggodog calon pengganti Eich. Mitchell Baker selaku chairman Mozilla mengatakan masih belum ditentukan CEO baru bagi perusahaan pemilik browser Firefox tersebut.


Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon