Tolak Homo Seksual, CEO Mozilla Resign

jasadh

Brendan Eich (Foto: Xemtintuc) Brendan Eich (Foto: Xemtintuc) CALIFORNIA - Brendan Eich mundur dari jabatannya sebagai Chief Executive Officer (CEO) Mozilla. Mozilla merupakan aplikasi peramban populer yang hadir untuk platform mobile maupun PC Windows.



Dilansir Foxnews, Jumat (4/4/2014), bos Mozilla mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri (resign) dari perusahaan pada Kamis. Ia menyatakan pengunduran diri di tengah protes mengenai dukungannya untuk amandemen yang melarang pernikahan gay di California, Amerika Serikat.



Kabarnya, ia diprotes banyak karyawan dan pengguna pekan lalu karena pengangkatan dirinya sebagai orang nomor satu di Mozilla. Tepatnya, Eich menjabat sebagai CEO Mozilla pada 24 Maret 2014.



Ia mendonasikan USD1.000 atau sekira Rp11 jutaan pada 2008 atas dukungannya pada Proposition 8 California. Tindakannya yang memberikan donasi dan dukungan terhadap Proposition 8 California diprotes oleh komunitas gay di Negari Paman Sam tersebut.



Proposition 8 atau Prop 8 merupakan amandemen konstitusi negara yang disahkan pada November 2008. Proposisi ini dibuat oleh penentang pernikahan sesama jenis.



"Kami tahu mengapa orang terluka dan marah, dan mereka benar. Kami tidak bertindak seperti yang Anda harapkah Mozilla untuk bertindak. Kami tidak bergerak cukup cepat untuk terlibat dengan orang-orang setelah kontroversi dimulai. Maaf, kami harus berbuat lebih baik," kata Mitchell Baker, Mozilla Chairwoman dalam posting-an di blog.



Kontribusi Eich dianggap menarik perhatian negatif di masa lalu. Terlebih ketika dia diangkat menjadi CEO Mozilla bulan lalu, karyawan dan pengguna Mozilla mengkritik langkahnya lewat Twitter dan website online lainnya.



Imbas dari pengunduran diri dan protes ini, sebuah situs kencan OKCupid mengganti homepage untuk pengguna yang login dengan Firefox, untuk disarankan bagi pengguna agar tidak menggunakan software Mozilla untuk mengakses website tersebut.

(ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon