Tips: Mengetahui Apakah Akun Online Anda Telah Dibobol Heartbleed




gopego.com





Tips: Mengetahui Apakah Akun Online Anda Telah Dibobol Heartbleed




Setelah kontroversi yang ditimbulkan oleh badan intelijen AS lantaran aktivitas ilegal mereka dalam melakukan penyadapan pada para pengguna internet di seluruh dunia dengan dalih pencegahan terorisme, kini muncul sebuah ancaman baru yang tak kalah meresahkan yaitu keberadaan virus Heartbleed.


Para pengguna Android tampaknya menjadi pihak yang paling khawatir akan keberadaan virus ini, mengingat sebagian besar aplikasi Android yang beredar masih menggunakan OpenSSL, dan celah di OpenSSL inilah yang memungkinkan Heartbleed dalam membobol akun online seorang pengguna.


Jika Anda khawatir apakah akun online Anda telah disusupi Heartbleed, kontributor Forbes yaitu Adam Tanner menyarankan Anda untuk menggunakan layanan gratis dari 3 buah website yang akan membantu pengguna untuk memeriksa apakah akun mereka telah diretas atau belum.


Website pertama adalah haveibeenpwned.com; sesuai namanya, website ini akan mampu memberi tahu Anda apakah akun online Anda telah dibobol (pawned) oleh para hacker. Anda cukup memasukkan alamat email Anda, baik yang Anda gunakan rutin untuk login ke social media atau akun untuk keperluan lain, dan Anda hanya perlu menunggu beberapa detik saja untuk hasil pemeriksaannya.


2 website berikutnya adalah PwnedList.com & Shouldichangemypassword.com; cara kerjanya mirip dengan website pertama, namun 2 website ini mengakses data yang sedikit berbeda. Dengan mengakses ketiga website tersebut, Anda akan mendapatkan pemindaian yang lebih lengkap tentang akun online Anda. Selain melakukan pemindaian, ketiga website tersebut juga memberikan layanan notifikasi di masa mendatang seandainya akun online Anda akan dibobol. Semuanya dijamin gratis.


Setelah menggunakan ketiga layanan tersebut dan Anda mendapati bahwa akun Anda telah dibobol, maka tindakan yang harus segera Anda lakukan adalah mengganti password dengan karakter yang lebih rumit. Waspadalah!


Source









Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon