Tips Cegah Kerentanan Windows XP

jasadh

(Foto: Belfasttelegraph) (Foto: Belfasttelegraph) CALIFORNIA - Microsoft secara resmi menghentikan update keamanan Windows XP pada 8 April 2014. Selanjutnya bagaimana nasib para pengguna yang masih setia menggunakan OS tersebut.



Dilansir Belfasttelegraph, Selasa (8/4/2014), bukan berarti dihentikannya dukungan ini menyebabkan komputer tidak dapat dinyalakan. Namun, secara drastis para pengguna Windows XP saat ini akan sangat rentan untuk disusupi oleh hacker.



Diprediksi, sekira 66 persen infeksi malware atau program jahat lainnya akan meningkat setelah 8 April 2014. Apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi, paling tidak meminimalisir agar pengguna Windows XP tetap aman.



Untuk jangka panjang, disarankan pengguna untuk migrasi ke Windows 7 atau Windows 8.1. Akan tetapi, bagi Anda yang masih setia pada Windows XP, berikut ini langkah-langka yang bisa Anda lakukan.



Pastikan Update Software

Pertama kali yang perlu diperhatikan, oleh karena Microsoft sudah tidak lagi mendukung update keamanan pada Windows XP ialah, pengguna bisa menggunakan software antivirus. Software ini pastikan sudah ter-install dan ter-update di PC pengguna.



Ganti Browser

Kemungkinan hacker menyusup bisa melalui browser Internet Explorer. Untuk itu, pengguna disarankan berpindah aplikasi peramban (browser) ke Firefox atau Chrome. Google kabarnya mendukung browser buatan mereka yang berjalan di XP hingga April 2015.



Pakai Akun Non-Administrator

Opsi lain yang bisa dilakukan untuk meminimalisir PC Windows XP Anda diretas ialah mengganti dari akun administrator ke akun yang lebih terbatas (limited). Akun non-administrator ini diharapkan membatasi aktivitas saat menggunakan PC, sehingga pengguna tidak sembarangan mengunduh atau meng-install aplikasi malware. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon