Tim Phonebloks Pamerkan Prototype + Configurator App Untuk Ponsel Modular Project Ara

jasadh

Setelah diumumkan pertama kali pada tahun 2013 lalu, konsep ponsel modular yang bisa dibongkar pasang yaitu Project Ara segera menarik perhatian para penggemar gadget, terutama para pengguna yang sekaligus penggemar perangkat rakitan. Besarnya antusiasme untuk Project Ara sangat bisa dipahami; walaupun ide bahwa perangkat semacam itu hendaknya sangat mungkin untuk direalisasikan, namun teknologi yang ada pada saat ini masih belum memungkinkan.


Namun seiring dengan keputusan Google untuk menjual Motorola ke Lenovo, Project Ara rupanya tidak disertakan ke dalam kesepakatan penjualan. Google malah menjadikannya sebagai salah satu proyek yang menjadi prioritas utama, bahkan memindahkan proses pengembangannya ke komplek perkantoran Google. Untuk menjawab kepercayaan tersebut, Dave Hakkens dari Phonebloks kini memberikan update dari proses pengembangan yang telah mereka jalani selama ini.


Target dari tahapan awal ini dipusatkan pada pengembangan sistem prototype yang akan memungkinkan berbagai macam komponen hardware untuk tetap bertahan dalam satu wadah. Prototype Ara menggunakan magnet elektris-permanen, yaitu sebuah sistem magnetis yang menggabungkan sejumlah material untuk mempertahankan sebuah kondisi magnetis tanpa memerlukan adanya aliran listrik secara konstan.


Sistem ini akan mengunci potongan-potongan modular ke dalam wadah yang telah disiapkan di frame ponsel, juga memastikan agar tiap potongan tidak akan mudah lepas kecuali Anda tarik, tanpa perlu bantuan dari alat pengunci khusus. Gampangnya, mirip seperti baju zirah Iron Man yang bisa terhubung dengan stabil.


Video demo prototype dari tim Phonebloks juga akan memberikan bocoran tentang Ara Configurator App, sebuah aplikasi yang sedang dikembangkan oleh Google and Sosolimited. Aplikasi ini akan memungkinkan pengguna untuk melakukan konfigurasi ponsel Ara dengan berbagai macam komponen hardware serta elemen desain eksterior; sebuah pengembangan lebih lanjut dari sistem Moto Maker dari Motorola (untuk platform mobile tentunya). Aplikasi ini juga sangat mungkin untuk memudahkan pengguna dalam mendesain serta memesan sebuah ponsel custom dengan cepat.


Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak video demonya berikut ini:


Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon