Seperti Apa Asisten Pribadi Windows Phone?

jasadh

(foto: Ubergizmo) (foto: Ubergizmo) SAN FRANSISCO - Asisten pribadi untuk perangkat Windows Phone bernama Cortana resmi dirilis Microsoft. Perusahaan asal Redmond itu mengklaim, Cortana adalah asisten pribadi yang berperilaku seperti manusia.



Mengutip laporan Ubergizmo, Kamis (3/4/2014), Microsoft mengatakan Cortana bisa menjadi asisten pribadi sesuai yang diinginkan oleh pengguna ponsel Windows Phone sebagaimana layaknya manusia.



Cortana bisa dikontrol oleh pengguna, dan ia juga bisa belajar memahami penggunanya. Yang ditekankan oleh Microsoft adalah, pengguna tak perlu khawatir tentang privasinya terkait informasi yang dikumpulkan oleh Cortana. Dan kemampuan Cortana yang seperti manusia dengan penyematan teknologi intelejensi buatan atau Artificial Intelegence (AI).



Dalam peluncurannya di acara Build 2014 yang dibuat Microsoft untuk para developer, Cortana dijelaskan bisa diatur untuk membuat reminder, menjalankan sistem pencarian, merekomendasikan restoran, dan banyak lagi.



Di acara Build 2014, Cortana dipertunjukkan bisa mengingatkan penggunanya akan penerbangan yang akan dilakukan atau yang sudah dipesan oleh pengguna. Atau dalam kasus lain, apabila ada seorang kolega yang memiliki bayi baru lahir, pengguna bisa meminta Cortana mengingatkan untuk memberi selamat pada kolega itu saat mengobrol via sambungan telefon.



Cortana juga benar-benar seperti asisten yang akan mencatat hal-hal apa yang disukai dan tidak disukai oleh penggunanya. Dengan begitu, ia akan merekomendasikan berbagai hal terkait aktivitas pengguna sesuai kepribadian si pengguna. Fitur-fitur Cortana ini praktis tak dimiliki oleh pesaingnya, Siri dari Apple atau Google Now dari Android.



Namun saat ini Cortana hanya tersedia versi Beta di perangkat bersistem operasi Windows Phone 8.1. Belum diinformasikan kapan versi akhir Cortana bisa digunakan oleh pengguna WP 8.1. (amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon