Samsung Lakukan Pembohongan Publik soal Penjualan Perangkat

jasadh

Bocoran dokumen Samsung. Bocoran dokumen Samsung. SEOUL - Samsung diduga melakukan kebohongan pada publik soal penjualan perangkat tablet andalannya. Kebohongan yang ditengarai dilakukan Samsung ini berdasar bocoran dokumen laporan penjualan perangkat Samsung.



Mengutip laporan majalah keuangan Fortune, Senin (14/4/2014), sebuah bocoran dokumen laporan penjualan tersebut mengungkapkan angka yang jauh berbeda dari yang pernah dinyatakan oleh Samsung. Bocoran dokumen itu tertanggal Februari 2014, mengungkap hasil penjualan sepanjang tahun 2011.



Pada 2011 lalu, Samsung mengklaim telah berhasil menjual perangkat tablet pertamanya, Galaxy Tab, sebanyak dua juta unit. Namun angka tersebut jauh berbeda dengan angka yang tertera pada dokumen laporan penjualan. Pada dokumen tersebut tertulis Samsung hanya mampu menjual Galaxy Tab pada kisaran satu juta unit.



Dalam dokumen tersebut juga tertera laporan penjualan dari kompetitor. Menariknya, Apple memimpin penjualan tablet dengan menjual iPad sebanyak 17,4 juta unit. Bahkan Galaxy Tab kalah jauh dari tablet Kindle Fire milik Amazon yang berhasil menjual 5 juta unit. Lebih lagi, perangkat tablet yang kurang populer, Nook dari Barnes & Noble, berhasil menjual 1,5 juta perangkat.



Mengutip Softpedia, ini bukan pertama kalinya Samsung berbohong soal penjualan perangkat. Sebelumnya perusahaan asal Korea Selatan itu pernah mengklaim sukses menjual 800 ribu unit Samsung Galaxy Gear. Namun nyatanya laporan lain mengungkap smartwatch tersebut hanya terjual 50 ribu unit. (amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon