random

Pindah Frekuensi, Smartfren Beralih ke 4G

jasadh

ilustrasi ilustrasi JAKARTA - Perusahaan operator CDMA Smartfern yang dikabarkan akan pindah frekuensi, juga bakal beralih ke sistem jaringan yang lebih baru, yaitu 4G LTE.



Smartfren yang saat ini menempati frekuensi 1900MHz akan dipindahkan ke frekuensi 2300MHz oleh pemerintah. Pemindahan ini dilakukan pemerintah untuk penataan jaringan agar tertata lebih rapi.



"Frekuensi 1900 itu sebenarnya diisi oleh operator GSM, cuma Smartfren yang CDMA," kata Merza Fachys, Direktur Jaringan Smartfren, kepada wartawan di Jakarta, Jumat (11/4/2014).



Saat ini, kata Merza, Smartfren sebagai satu-satunya operator CDMA di frekuensi 1900MHz, sedangkan operator GSM lain yang juga menempati frekuensi tersebut mengalami gangguan akibat tabrakan sinyal jaringan (interferensi).



"Sinyal dari BTS GSM itu tabrakan sama sinyal ponsel CDMA, sinyal BTS CDMA tabrakan dengan ponsel GSM," terang Merza menggambarkan. Sedangkan untuk jaringan CDMA tak bermasalah.



Dengan perpindahan frekuensi ini, otomatis Smartfren harus mengganti seluruh menara BTS yang dimilikinya agar sesuai dengan spesifikasi frekuensi baru, yaitu di 2300MHz. Smartfren sudah menyiapkan dana sebesar USD100 juta untuk biaya operasional penggantian menara BTS.



Kesempatan mengganti seluruh BTS ini digunakan oleh Smartfren untuk melakukan modernisasi perangkat, yang rencananya akan menjadi 4G LTE. "Itu sudah pasti (Smartfren) akan beralih ke 4G, itu sebuah keniscayaan," jelas Merza.



Merza menganalogikan, migrasi jaringan dari frekuensi 1900MHz ke 2300MHz itu seperti migrasi sistem operasi Windows XP ke sistem operasi yang lebih baru. "Buat apa kami sudah keluarkan uang triliunan tapi jaringannya tetap 2G? (Pindah ke 4G) itu salah satu pilihan. Kalau ada 5G mungkin kami pilih 5G," pungkasnya.



(amr)




Pindah Frekuensi, Smartfren Beralih ke 4G Reviewed by agus jasadh on 17:04 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan

Copyright © 2018 jasadh - All Rights Reserved

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.