Pendiri 'Facebook Rusia' Dipecat

jasadh

Pendiri VKontakte, Pavel Durov (Foto: Washington Post) Pendiri VKontakte, Pavel Durov (Foto: Washington Post) MOSCOW – Pendiri jejaring sosial VKontakte, Pavel Durov, tak lagi bekerja di perusahaan yang didirikannya tersebut. Mirisnya, Durov mengaku tidak mengundurkan diri, melainkan dipecat.



VKontakte adalah jejaring sosial terbesar kedua di Eropa setelah Facebook. Kesuksesannya membuat VKontakte kerap disebut sebagai Facebook versi Rusia.



Sepeninggalan Durov, VKontakte diklaim dikuasai oleh dua sekutu Presiden Rusia, Vladimir Putin. "Hari ini VKontakte di bawah kendali penuh Igor Sechin dan Alisher Usmanov," jelas Durov dihalaman VKontakte miliknya, seperti dilansir Softpedia, Selasa (22/4/2014).



Usmanov sebagai salah satu taipan logam Rusia yang juga pemilik Mail.ru adalah pemilik 52 persen saham VKontakte. Dia juga memiliki saham di Facebook, yang baru-baru ini dijualnya. Sedangkan Sechin sebagai salah satu orang penting di Rusia merupakan pendukung Putin, sekaligus pimpinan di perusahaan minyak milik negara, Rosneft.



Meski mengaku tidak terkejut dengan pemecatannya, Durov mengatakan konteks yang berkaitan dengan Rusia di VKontakte akan dikendalikan oleh sekutu setia Putin. Menurutnya, para pejabat Rusia memiliki kontrol kuat terhadap media di negara tersebut.



Kendati demikian, dia mengaku senang dengan yang telah dicapai oleh tim VKontakte selama tujuh tahun terakhir.

(adl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon