Pemanasan Global Picu Bencana di Indonesia

jasadh

Ilustrasi. Ilustrasi. JAKARTA - Perubahan iklim Bumi yang ekstrem akan berdampak pada seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia. Laporan Intergovernmental Panel on Climate Change (IPCC) mengenai perubahan iklim dampak bencananya ini diamini oleh salah satu peneliti di Indonesia.



Kepala Bidang Pemodelan Atmosfer Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan), Didi Satiadi, mengatakan Indonesia adalah salah satu negara yang juga kerap mengalami cuaca ekstrem. Hal ini disebabkan karena letak geografis Indonesia sebagai negara maritim dan dilewati garis khatulistiwa.



Wilayah Indonesia tersebut membuatnya memiliki dinamika atmosfer yang mengakibatkan gelombang-gelombang atmosfer saling menguatkan dan melemahkan sehingga berakhir pada kejadian ekstrem. Cuaca ekstrem di Indonesia ini cenderung memicu bencana hidrometeorologis.



Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), kata Didi, bencana yang kerap terjadi di Indonesia antara lain hujan lebat, banjir, longsor, puting beliung, dan kekeringan. Penyebab sejumlah bencana tersebut, salah satunya disebabkan oleh pamanasan global.



Kondisi Bumi yang semakin menghangat menyebabkan penguapan berlangsung lebih cepat sehingga atmosfer mengandung lebih banyak uap air. Alhasil, awan semakin tebal dan hujan jadi lebih banyak. Demikian seperti dikutip situs resmi Lapan, Rabu (2/4/2014). (amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon