Payung Bertenaga Surya Ini akan Terbuka Otomatis saat Panas

jasadh

Payung, benda yang melindungi dari terpaan hujan dan sinar matahari ini tak luput dari sentuhan teknologi. Toer, sebuah studio desain asal Belanda menciptakan sebuah payung unik. Seperti apa?


Payung yang disebut Cumulus Parasol ini dirancang untuk membuka dan mengembang secara otomatis ketika matahari muncul, dengan bentuk awan putih. Meski terlihat menggunakan teknologi tinggi, namun sebenarnya idenya cukup sederhana.


Cumulus Parasol menjalankan sejumlah kecil panel surya yang terhubung ke kipas. Ketika matahari mengarah ke panel surya yang terletak di atas, kipas akan aktif dan mulai mengembangkan payung. Di bawah sinar matahari langsung, parasol berbentuk awan akan mengembang dalam waktu sekitar 20 detik tanpa bantuan eksternal dengan diameter 2 meter.


Sebaliknya, ketika matahari bersembunyi di balik awan, maka kipas akan berhenti bergerak dan payung akan secara otomatis mulai mengempis. Namun Cumulus juga dapat dimatikan melalui tombol power yang terintegrasi pada tiang.


Untuk saat ini Cumulus Parasol masih berupa prototype yang dipamerkan di event Milan Design Week 2014 dan tampaknya tidak akan diproduksi secara massal dalam waktu dekat.



Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon