Microsoft Hadirkan Teknologi Mobil Pintar Bisa Diajak 'Bicara'

jasadh

Cortana hadir ke dashboard mobil. Cortana hadir ke dashboard mobil. REDMOND - Sistem operasi Windows tak hanya bisa berjalan di ponsel atau komputer, tapi juga bisa disematkan ke dalam mobil. Microsoft mengatakan Cortana bisa menjadi asisten pribadi saat mengendari mobil.



Teknologi mobil pintar atau Smart Car belakangan ini memang menjadi tren setelah Apple dan Google memperkenalkannya. Apple mengeluarkan CarPlay, dan Google merilis Android Open Automotive Alliance yang menyematkan sistem operasi mobile ke dalam mobil.



Tak ketinggalan Microsoft juga turut serta menghadirkan piranti komputer ke dalam dashboard mobil. Perusahaan yang bermarkas di Redmond tersebut bekerja sama dengan Ford , BMW, Nissan, dan Fiat dalam menghadirkan mobil pintar.



Ini juga merupakan salah satu langkah Microsoft dalam mengimplementasikan proyek Internet of Things, yang memiliki misi menyematkan OS Windows ke tiap benda.



Seperti yang sudah diperkenalkan oleh Apple dan Google, fitur Windows untuk mobil ini bisa memandu pengemudi menuju destinasi tanpa hambatan. Seperti menunjukkan jalan yang lebih pintas, trafik lalu lintas, hingga memutar lagu. Dan pengoperasian bisa dilakukan menggunakan perintah suara via asisten pribadi Cortana.



Kendati demikian, seperti dikutip PhoneArena, Senin (7/4/2014), yang menjadi masalah dalam menghadirkan mobil pintar saat ini berada pada produksi perangkat kerasnya.



Teknologi hardware di dalam mobil belum mumpuni untuk disejajarkan dengan teknologi piranti lunak yang disediakan Apple, Google, dan Microsoft.

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon