Microsoft Gratiskan OS Windows

jasadh

Windows 8.1. (foto: Ramadhan Aditya/Okezone) Windows 8.1. (foto: Ramadhan Aditya/Okezone) SAN FRANSISCO - Microsoft akhirnya mengumumkan tentang sistem operasi Windows yang diajajakannya tanpa bayaran alias gratis pada gelaran Microsoft Build 2014.



Sistem operasi gratis dari Microsoft ini bukan diperuntukan bagi pengguna, melainkan perusahaan manufaktur perangkat. Perusahaan yang bermarkas di Redmond itu menggratiskan OS Windows untuk perusahaan yang ingin memproduksi tablet atau ponsel. Namun dengan syarat tertentu.



Perusahaan manufaktur seperti Samsung, HTC, dan lain sebagainya bisa mendapatkan OS Windows secara cuma-cuma dengan syarat membuat perangkat yang lebar layarnya tak lebih besar dari 9 inci.



"Kami mengumumkan bahwa Windows akan digratiskan pada rekan perusahaan produsen Windows Phone dan tablet yang ukurannya lebih kecil dari 9 inci," jelas Microsoft seperti dilansir Softpedia, Sabtu (5/4/2014).



Dengan hadirnya Windows gratis ini tentu akan menambah pangsa pasar dari OS terbaru dari Microsoft tersebut. Sampai saat ini Windows 8 dan Windows 8.1 memiliki pangsa pasar 11 persen. Dan bisa jadi melonjak berkat Windows gratis.



Pasalnya, banyak perusahaan produsen perangkat yang enggan memasarkan ponsel Windows Phone karena Microsoft mematok bayaran pada sistem operasinya. Sedangkan OS Android dari Google diberikan cuma-cuma.



Di samping itu, produsen ponsel atau tablet pastinya tak lagi harus menjual mahal perangkat Windows Phone karena tak lagi ada biaya tambahan untuk membayar lisensi dari Microsoft. (amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon