Mereka yang Masih Gunakan Windows XP

jasadh

Screenshot. Screenshot. REDMOND - Sistem operasi Windows XP sudah tak mendapat dukungan sistem lagi oleh Microsoft pada hari ini. Namun, sebagian besar pengguna komputer di seluruh dunia masih menjalankannya. Inilah mereka.



Pemerintahan

Ya, sejumlah pemerintahan negara masih banyak yang menggunakan komputer bersistem operasi Windows XP. Bahkan, pemerintahan negara semaju Amerika Serikat pun masih ada komputernya yang menggunakan Windows XP.



Mengutip laporan Washington Post, Rabu (9/4/2014), per Maret lalu departemen kehakiman AS baru memindahkan 75 persen dari 230 ribu perangkat komputer yang masih dijalankan dengan Windows XP. Bahkan sampai saat ini dilaporkan pemerintahan AS belum seluruhnya berhasil melakukan migrasi.



Pemerintahan Inggris pun masih menjalankan 85 ribu komputer dengan Windows XP dan belum dimigrasi hingga tahun depan. Pemerintah Inggris membayar lebih dari Rp100 miliar untuk memperpanjang masa dukungan Microsoft khusus untuk perangkat komputer pemerintahan Inggris.



Negara Eropa lainnya yang masih menggunakan Windows XP dan membayar Microsoft untuk melakukan perpanjangan masa dukungan adalah Belanda. Pemerintahan Negeri Kincir Angin itu masih menggunakan 40 ribu komputer Windows XP.



Mesin ATM


Berdasarkan laporan BussinesWeek pada Januari lalu, disebutkan sebanyak 95 persen mesin ATM di seluruh dunia masih menggunakan Windows XP. Hingga kini belum jelas sudah berapa banyak yang beralih ke Windows yang lebih baru.



Namun Washington Post melaporkan sebanyak 38 persen dari 425 ribu mesin ATM di Amerika Serikat di-upgrade ke OS yang lebih baru hari ini. Beberapa bank di wilayah Afrika Selatan juga dikabarkan mulai melakukan migrasi OS mesin ATM pada akhir Januari lalu.



Seperti diketahui, Windows XP sudah tamat riwayatnya hari ini, begitu pula dengan mesin ATM yang berisi banyak uang. Kemungkinan besar penjahat siber akan menyerang mesin ATM ber-OS Windows XP, meretas lantas mencuri uang dari rekening para nasabah. Mengerikan, bukan?



Warga China

Hampir 44 persen komputer perorangan milik pribadi atau perkantoran di China masih menjalankan Windows XP. Tak terkecuali pemerintahannya.



Bahkan tak hanya komputer desktop yang masih menggunakan Windows XP. Perangkat tablet dan konsol game tak terkenal buatan China masih menggunakan sistem operasi Windows XP. OS jadul di Negeri Tirai Bambu itu bahkan hampir-hampir melebihi pengguna Windows 7. (amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon