Manfaatkan Heartbleed, Penjahat Siber Curi Data Kantor Pajak

jasadh

Ilustrasi. Ilustrasi. WATERLOO - Penjahat siber mencuri data ratusan akun orang yang membayar pajak pada situs kantor perpajakan Kanada, Canada Revenue Agency (CRA). Pencurian ini dipastikan disebabkan dari terbukanya celah keamanan oleh Heartbleed.



Sebanyak 900 data warga Kanada yang membayar pajak di situs kantor pajak negara tersebut diketahui telah dicuri oleh penjahat siber. Akibatnya, 900 data warga tersebut hilang dari database CRA. Pencurian ini dilakukan selama enam jam oleh penjahat siber.



"Berdasarkan analisa kami, nomor asuransi sosial dari sekitar 900 pembayar pajak telah dicuri dari sistem CRA oleh seseorang yang mengeksploitasi kerentanan sistem akibat Heartbleed," tulis keterangan CRA pada situs resminya, seperti dikutip BBC, Selasa (15/4/2014).



Tak hanya itu, CRA juga mengatakan pencurian juga terjadi pada data ratusan warga yang berkaitan dengan kegiatan bisnis. Namun pihak CRA sendiri berjanji akan mengamankan dan memproteksi 900 data warga pembayar pajak yang telah dicuri oleh penjahat siber. CRA mengatakn tiap orang yang menjadi korban pencurian data akan mendapat akses secara gratis untuk layanan proteksi kredit.



Ini bukan satu-satunya pencurian data yang dilakukan karena dampak Heartbleed. Sebuah situs bimbingan orang tua terhadap anak di Inggris, Mumsnet, dilaporkan telah dibobol oleh penjahat siber. Meski situs tersebut belum mengetahui berapa penggunanya yang menjadi korban. Namun untuk berjaga-jaga, Mumsnet meminta pada seluruh penggunanya untuk mengganti password akun miliknya.

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon