Manfaat Minyak Sereh terhadap Serangan Nyamuk

jasadh

foto: Columbia Mosquito Squad foto: Columbia Mosquito Squad JAKARTA - Minyak Citronella (Citronella oil) atau minyak sereh wangi diyakini bisa melindungi bayi dari gigitan nyamuk/serangga. Hal itu dibuktikan setelah dilakukan penelitian di Institut Pertanian Bogor (ITB).



“Berbagai khasiat itu telah diuji secara ilmiah di Institut Pertanian Bogor (IPB). Penggunaan pada bayi terbukti akan terbebas dari gigitan nyamuk selama 6 jam,'' ujar Presiden Direktur PT Barclay Products (Tempo Scan Group), Phillips Gunawan, memaparkan hasil penelitiannya kepada wartawan, di Jakarta, Jumat, (4/4/2014).



Menurutnya, selama penelitian, untuk mendapatkan minyak sereh wangi dapat dilakukan dengan penyulingan bertingkat. Hasil isolasi tersebut berupa senyawa yang disebut Sitronellal, Geraniol, dan Sitronellol.



''Ketiga komponen itu adalah komponen yang dominan dalam minyak sereh wangi. Dan, inilah yang sering diaplikasikan dalam berbagai industri untuk produk-produk skin lotion penolak nyamuk karena mengandung bahan insektisida alami. Salah satunya yang dilakukan PT Barclay Products dengan memproduksi produk andalannya My Baby Minyak Telon Plus," kata Phillips.



Phillips juga berharap agar persaingan dalam memproduksi minyak telon di Indonesia tetap terjaga mengingat prospek pasar produk bayi di Indonesia sangat menjanjikan yakni jumlah populasi bayi berumur 0-5thn mencapai sekitar 26,6 juta jiwa dan jumlah bayi yang lahir tiap tahun mencapai 3 juta jiwa.



''Apabila kompetisi ini terjaga sekaligus memanfaatkan potensi minyak sereh wangi di Indonesia, dan tingkat pengetahuan ibu-ibu di Indonesia amat tinggi mengenai minyak sereh wangi, tentu membantu ibu-ibu untuk merawat bayinya tetap sehat, sesuai harapan kami,'' jelas Phillips.

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon