Konsep Render Kabel USB 3.1 (Reversible)

jasadh

Seiring dengan semakin populernya smartphone pada saat ini, maka Anda mungkin sudah semakin familiar dengan kabel USB standar yang salah satu ujungnya cocok dengan port USB standar di komputer atau charger, sementara ujung lainnya cocok dengan port microUSB di ponsel Anda. Namun ada juga kala dimana port mini USB dari tiap ponsel sedikit berbeda, dan akhirnya menyusahkan pengguna ketika mereka terpaksa meminjam charger milik teman atau saudara.


Untuk mengatasi masalah tersebut, USB Implementers Forum ingin mengembangkan sebuah kabel USB generasi baru yang reversible alias bolak-balik, jadi masing-masing ujungnya akan kompatibel satu sama lain. Fitur tersebut merupakan fitur utama yang akan mereka usung ketika mereka memamerkan 2 buah konsep render dari kabel USB 3.1.


Konsep pertama yaitu Type-C memperlihatkan sebuah desain yang mirip dengan format microUSB yang telah beredar selama ini, kecuali kedua ujungnya tampak satu sama lain. Ujung reversible atau bolak-balik ini tampaknya terinspirasi oleh konektor Lightning dari Apple. Konsep ke-2 adalah kabel Micro-B, dimana desainnya tampak seperti konektor mobile standar namun sedikit lebih lebar, mirip seperti yang digunakan Samsung dalam Galaxy Note 3.


Konektor USB 3.1 ini akan menghadirkan sejumlah peningkatan penting; seperti tingkat transfer data yang lebih cepat (dari 5Gbps di USB 3.0 menjadi 10Gbps di USB 3.1), juga kecepatan charging yang lebih cepat (charging dengan transfer 3A sampai 5A, naik dari 1,5A). Plug USB generasi baru ini jelas akan membutuhkan sebuah adapter khusus untuk memungkinkan dukungan backwards compatibility dengan port USB 3.0 atau bahkan 2.0 yang masih banyak dipakai pada saat ini.



Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon