Iri dengan Android, Konsumen Ingin iPhone BESAR dan Harga Lebih Murah (riset internal Apple)

jasadh

Seperti Anda tahu, display besar 4 inci baru mendarat di iPhone sejak rilis iPhone 5 di tahun 2012 lalu. Saat itu, pasar smartphone Android telah ramai menggunakan display besar bahkan di kisaran 5 inci. Sejumlah pihak mengatakan ukuran display yang lebih besar dari iPhone menjadi salah satu alasan utama mereka lebih tertarik dengan ponsel Android. Lalu bagaimana pendapat Apple mengenai hal itu?


Sebuah dokumen internal Apple yang dijadikan bukti pendukung di sidang Apple kontra Samsung mengungkap masalah yang dialami Apple saat ini. Dalam dokumen itu disebutkan bahwa lambannya pertumbuhan penjualan iPhone dikarenakan dua hal: ukuran screen dan harga.


Cukup mengejutkan bahwa penjualan iPhone per tahun menyusut. Bahkan penyusutan itu terhitung dari 109% menjadi 8% saja untuk tahun fiskal kuartal ketiga tahun 2013. Untuk mengetahui penyebabnya, sebuah slide lanjutan dari dokumen tersebut menjelaskan dengan judul “Apa yang terjadi?”


Konsumen: Permintaan yang sangat tinggi untuk iPhone baru yang lebih murah dan screen lebih besar.

Opsel: Opsel menjadi pihak yang paling mempengaruhi turunnya penjualan iPhone dengan beberapa alasan:

- high share

- subsidi premium

- sarat yang ‘tidak bersahabat’

- kurang adil


Pesaing Apple:

- Para pesaing melakukan perubahan desain secara drastis, juga ekosistem software

- para pesaing menghabiskan waktu untuk promosi lewat iklan dan/atau lewat opsel untuk menarik perhatian konsumen


Dengan ringkasan hasil riset seperti tertulis di atas pada akhirnya dokumen internal Apple tersebut menguak sebuah slide berjudul “Apa yang diinginkan konsumen yang tidak kita miliki.”


Dari tahun 2011 ke 2013, pasar smartphone naik 228 juta unit. Apple meyakini bahwa peningkatan itu datang dari larisnya penjualan smartphone yang harganya di bawah #300 atau perangakt yagn lebih dari $300 tetapi memiliki display lebih dari 4 inci. Untuk dua kategori produk tersebut, Apple tidak memilikinya.


Diprediksi berdasar analisa internal itulah Apple akhirnya memutuskan membuat iPhone ukuran besar. Dalam rumor yang beredar luas, dikatakan bahwa iPhone 6 adalah smartphone pertama Apple yang dirilis dengan display lebih dari 4,5 inci. Bahkan sejumlah bocoran informasi dan dokumen menyebutkan Apple tengah mempersiapkan iPhone dengan ukuran 4,7 inci dan 5,5 inci yang salah satunya akan dirilis bulan September atau Oktober 2014.


Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon