Inilah Spesies Baru Ikan Listrik

jasadh

ilustrasi ikan listrik ilustrasi ikan listrik BRASIL - Spesies ikan pisau listrik baru-baru ini ditemukan di Sungai Negro, Brasil. Para ilmuwan yang tidak sengaja menemukan ikan itu dan mengklaim bahwa ikan tersebut merupakan jenis baru.



Menurut Profesor Cristina Cox Fernandes dari University of Massachusetts di Amherst, mengatakan bahwa ikan kecil yang diberi nama Procerusternarchus pixuna berukuran75 mm-138 mm.



Pada tubuhnya mengandung listrik (voltase) yang bila dikeluarkan menurut ilmuwan, sengatan listrik itu sangat kecil, sehingga ketika diukur dengan mikrovolt, manusia tidak dapat mendeteksi aliran listrik tersebut.



Profesor Cristina Cox Fernandes membandingkan, dengan belut listrik, yang ada di ordo spesies sama dapat mengeluarkan aliran listrik sampai 600 volt. Sedangkan Procerusternarchus pixuna menggunakan daya listriknya terutama untuk menemukan ikan lain.



Profesor Cristina Cox Fernandes yang juga salah satu penulis makalah penemuan tersebut menggambarkan jenis ikan Procerusternarchus pixuna ini, untuk menghidari terjadinya saling sengat antara ikan satu dengan lainnya, maka mereka pun hidup tidak berkelompok tetapi sangat individual sekali (menyendiri).



Menurut Ilmuwan, seperti dalam keterangannya di situs University of Massachusetts bahwa dalam dua dekade lalu, ada kurang dari 100 spesies ikan listrik yang terdokumentasikan, namun jumlah itu naik hampir dua kali lipat.

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon