Indonesia Minim Peralatan Canggih untuk Prediksi Iklim

jasadh

ilustrasi cuaca buruk (foto: Okezone) ilustrasi cuaca buruk (foto: Okezone) KUPANG - Pemerintah Indonesia diminta untuk meningkatkan dan memperbaharui peralatan prediksi cuaca dan iklim sebagai informasi kepada publik. Sehingga, melalui alat yang canggih, informasi yang dihasilkan akan lebih akurat dan tepat.



Kepala Stasiun Klimatologi Lasiana Kupang, Juli Setiyanto mengatakan, meskipun untuk saat ini masih bisa dikatakan cukup dan dapat dimanfaatkan sebagai bahan informasi publik berkaitan dengan cuaca dan iklim, tetapi masih manual.



“Secara nasional saat ini baru 60 persen peralatan di BMKG yang otomatis. Dan alat-alat kita yang manual masih menggunakan Automatic Weather Station (AWS). Berbeda dengan bidang penerbangan yang memang semuanya sudah otomatis," kata Juli di Jakarta, Jumat (4/4/2014).



Apalagi, lanjut Juli, Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) sudah mengamanahkan agar adanya otomatisasi peralatan dalam penyelenggaraan meteorologi, klimatologi dan geofisika.



BMKG katanya dalam rencana strategis 2015-2019 mengeluarkan kebijakan nasional untuk pelaksanaan otomatisasi tahun 2017. Dan proses otomatisasi ini menjamin data-data itu benar. "Data menjadi penting sekali karena kita ingin informasi yang cepat, tepat dan akurat," katanya.



Pengembangan teknologi yang dikembangkan WMO, BMKG harus menyiapkan dan mewujudkan Quality Management System (QMS) dalam bidang Aviation Meteorological Services (AMS).



Layanan berbasis teknologi infrormasi yang merujuk pada WMO Information System (WIS), pengamatan yang mengacu pada WMO Integrated Global Observation System (WIGOS).



"Ke depan yang menjadi tantangan kita di BMKG adalah peningkatan kapasitas SDM untuk pemeliharaan alat-alat tersebut," katanya.



Terkait dengan kemajuan teknologi dalam hal menerbangkan pesawat, tidak ada salahnya publik mengetahui proses analisis cuaca dalam mendukung pembuatan prakiraan cuaca dikaitkan dengan perkembangan teknologi. (ant)

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon