Gaji Pokok CEO Facebook Kini Tinggal $1 per Tahun

jasadh

Menjadi pimpinan perusahaan IT sukses seharusnya menerima gaji besar. Tetapi hal itu tidak terjadi pada Mark Zuckerberg, pendiri sekaligus CEO Facook saat ini. Dalam laporan ke Komisi Sekuritas dan Saham AS kemarin, Facebook menyebutkan di tahun 2013 Zuck hanya menerima gaji $1.


Zuckerberg tercatat orang terkaya nomor 22 di dunia. Di tahun 2012 ketika Facebook memutuskan menjadi perusahaan terbuka, gaji pokok Zuck tercatat $503.205. Jadi bagaimana gajinya merosot tinggal $1 setahun setelah Facebook go public?


Sudah menjadi kebiasaan turun-temurun di area teknologi Silicon Valley bahwa ketika seseorang sudah sangat kaya maka mereka memutuskan mengurangi gaji tahunan mereka menjadi $1 saja. Hal itu sebelumnya juga pernah dilakukan sejumlah orang, termasuk mendiang Steve Jobs dan kini juga dilakukan oleh petinggi Google, Larry Page dan Sergey Brin.


Namun tentu saja besaran gaji pokok yang hanya $1 itu tidak mengurangi jumlah uang yang mereka terima setiap tahun. Zuckerberg, contohnya, pria 29 tahun ini memiliki saham Facebook yang nilainya mencapai 61,6% dari keseluruhan saham Facebook. Selain itu Facebook juga membiayai semua perjalanan Zuck dengan pesawat pribadi, termasuk biaya untuk bahan bakar, makan dan para asisten, termasuk jika pesawat tersebut dipakai untuk keperluan pribadi.


Dengan semua fasilitias yang diberikan perusahaan, kekayaan Zuck senilai $27 miliar (hampir Rp 300 triliun) yang dimilikinya saat ini tampaknya tidak akan terlalu terusik :D


Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon