"Sent from My iPhone," Apa Fungsinya?

jasadh

Di iPhone, “Sent from my iPhone” merupakan sebuah default signature yang muncul di baris terakhir dalam email yang yang Anda kirim. Jika Anda adalah orang yang bekerja memasarkan produk-produk Apple maka signature tersebut akan sangat membantu Anda karena memiliki nilai khusus di mata calon konsumen. Namun bagi Anda yang tidak suka ‘pamer’ barangkali signature itu justru sangat mengganggu Anda.


Tak dipungkiri banyak pemilik iPhone yang mematikan signature tersebut sementara pihak lain justru memanfaatkannya untuk urusan pekerjaan. Daam sebuah postingan artikel di situs BetaBoston, CEO WorkLife Jasmeet Sawhney mengatakan bagaiamana dirinya menemukan ‘manfaat yang tidak disengaja’ dari signature “Sent from my iPhone.” Penjelasan Sawhney barangkali nantinya akan menjadikan Anda mengaktifkan kembali signature tersebut.


1. Menghindari masalah

Untuk urusan mengetik, pastinya kemampuan komputer desktop masih lebih baik dibanding keyboard mini yang diberikan iOS. Mengetik menggunakan jari-jari di keyboard iPhone seringkali membuat Anda melupakan tanda baca, seperti koma atau titik. Typo juga dipastikan sering terjadi ketika Anda mengetik di layar kecil tersebut.


Jika Anda memutuskan mengecek grammar atau setiap kata yang Anda tulis di email via iPhone, bisa dipastikan akan ada waktu yang terbuang. Nah, jika Anda ingin tetap menggunakan email signature terebut maka Anda harus memilah email kepada siapa saja yang boleh/tidak boleh Anda kirim via iPhone. Dari sini Anda bisa menggunakan email signature di iPhone sebagai pengingat bahwa jika Anda berniat menulis email penting atau ditujukan untuk orang penting, ada baiknya Anda hindari menulis email via iPhone.


2. Meletakkan beban di pundak si penerima email

“Sent from my iPhone” juga memiliki nilai simbolis. Dengan signature tersebut si penerima email akan berpikir bahwa Anda adalah orang orang sibuk yang kemana saja bisa membalas email, dengan bantuan iPhone. Tentu saja pengguna iPhone bukan satu-satunya pihak yang bisa mengirim email via smartphone karena pengguna smartphone lain tentu saja bisa melakukannya. Namun munculnya signature di email iPhone itulah yang memberikan nilai simbolis yang bisa jadi menjadikan si penerima email langsung merespon Anda. Meski demikian ada satu hal yang ingin diingatkan Sawhney untuk Anda:


“Tergantung dari tipe email jawaban, Anda tetap harus berhati-hati. Anda tentunya tidak boleh menulis jawaban berisi satu kalimat saja, padalah email yang Anda balas itu sudah satu minggu Anda terima. [Jika Anda membalasnya via iPhone lengkap dengan signature] hal itu hanya akan membuat Anda terlihat sebagai orang cuek dan lalai.”


Satu lagi, jika Anda kerap menggunakan iPhone untuk menjawab berbagai email urusan pemasaran produk, Sawhney menyarankan Anda mengganti tetap menggunakan signature asli iPhone lalu tambahkan dalam email Anda sebuah kalimat permintaan maaf, seperti “Mohon maaf jika ada typo dan banyak singkatan, karena email ini ditulis via smartphone.” Atau gunakan kalimat sejenis lain sesuai gaya bahasa Anda ;)


Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon