Dukung Dunia Pendidikan dengan Tablet Windows 8

jasadh

Microsoft kerjasama dengan sekolah Bintang Mulia Bandung (foto: Andina/Okezone) Microsoft kerjasama dengan sekolah Bintang Mulia Bandung (foto: Andina/Okezone) JAKARTA - Sektor pendidikan menjadi target Microsoft untuk mendorong adopsi teknologi informasi di sekolah hingga universitas. Langkah terbaru raksasa software ini adalah bekerjasama dengan Sekolah Bintang Mulia Bandung.



Melalui kerjasama ini, Microsoft dan Bintang Mulia Bandung memberikan fasilitas bagi siswa dan guru dengan menyediakan tablet berbasis sistem operasi (OS) Windows 8, Acer W3 dan W4. Tablet Windows 8 dinilai bisa membantu meningkatkan produktivitas pengajar, efektivitas belejar mengajar, dan menghemat pemakaian kertas.



"Kerjasama ini bisa meningkatkan adopsi teknologi di lingkungan pendidikan, serta membantu pencapaian produktivitas belajar," tutur Business Group Head Windows Division Microsoft Indonesia, Lucky Gani, di Sekolah Bintang Mulia Bandung, Jumat (4/4/2014).



Untuk realisasi kerjasama ini, Micorosoft bekerjasama dengan Acer dan pihak ritel untuk menyediakan 216 unit Acer W3 dan W4 untuk guru dan siswa-siswi kelas 7 dan kelas 10.



Salah satu keunggulan tablet Windows 8, kata Lucky, adalah dalam hal keamanan dengan adanya Windows Defender, antivirus gratis yang diberikan oleh Microsoft. "Selain itu, para orangtua juga bisa memantau aktivitas browsing anak-anaknya dengan adanya parental control di Internet Explorer," sambungnya.



Kepala Sekolah Bintang Mulia Bandung, Teguh juliawan, menyambut baik kerjasama dengan Microsoft Indonesia. Kerjasama ini sejalan dengan visi sekolah yang menginginkan transformasi dalam dunia pendidikan, salah satunya dengan menggunakan tablet.



Pilihan pun jatuh pada tablet Windows, setelah melakukan komparasi dengan platform lain. "Tablet Windows memiliki keamanan yang tinggi, serta mendukung produktivitas belajar mengajar," tutur Teguh.



Penggunaan tablet Windows 8, katanya, sekaligus merupakan bentuk investasi dalam teknologi. "Semuanya ada di dalam Windows, mulai dari keamanan, hiburan, mobilitas, dan produktivitas," sambungnya.



Edukasi tablet

Penyediaan tablet untuk pelajar bukan hal yang mudah, karena juga muncul kekhawatiran dari orangtua mengenai penggunaan tablet. Namun Teguh menuturkan, para orangtua diberikan penjelasan dan edukasi mengenai manfaatnya dalam proses mengajar. Seperti dapat lebih mudah mengerjakan dan mengumpulkan tugas-tugas sekolah.



"Kami bekali orangtua, guru, dan siswa-siswai dengan pengetahuan manfaat penggunaan tablet ini. Jadi untuk orangtua, mereka tidak perlu takut karena kita juga ada pemeriksaan tablet setiap bulannya," tuturnya.



Sekolah Bina Mulia Bandung juga menggelar pelatihan bagi guru-guru, agar lebih mengoptimalkan berbagai fitur dan aplikasi pendidikan di tablet Windows 8. Pelatihan ini diadakan tiap bulan, dan juga akan dibantu oleh pihak Microsoft.

(amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon