Dua Akun Twitter Anonim Diblokir di Turki

jasadh

(Foto: Cnet) (Foto: Cnet) ANKARA - Sepasang akun Twitter anonymous diblokir di Turki. Akun Twitter anonim atau tanpa nama ini diblokir setelah akun tersebut menyebarkan tuduhan atas korupsi yang dilakukan pemerintah.



Dilansir Cnet, Senin (21/4/2014), akun ini diblokir pada Minggu. Tindakan blokir ini datang kurang dari sepekan setelah jaringan microblogging menyetujui permintaan pemerintah Turki. Pemerintah setempat meminta agar Twitter menutup akun yang melanggar keamanan nasional.



Dua akun Twitter yang diblokir ini ialah @Haramzadeler333 dan @Bascalan. Akun Twitter ini membocorkan rekaman audio ke jaringan terkait dengan pembicaraan antara Perdana Menteri Turki Recep Tayyip Erdogan dan putranya, Bilal.



Percakapan tersebut kabarnya membahas secara rinci tentang penyembunyian sejumlah besar uang. Akun anonim tersebut memiliki lebih dari 400 ribu pengikut.



Sementara itu, Twitter menolak untuk membahas akun spesifik (anonim). Jejaring sosial 'burung biru' ini hanya bisa menahan konten yang dibeberkan akun anonim tersebut setelah proses hukum, misalnya perintah pengadilan.



"Twitter belum memberikan dan tidak akan menyediakan informasi pengguna untuk pemerintah Turki tanpa proses hukum yang sah," kata Twitter.



Jejaring sosial ini kemudian diblokir sementara pada bulan lalu, di mana saat itu Erdogan mengancam akan menghapus Twitter setelah tuduhan korupsi yang terbesar di seluruh jaringan sosial. Namun, keputusan pengadilan konsitusi Turki melarang karena hal tersebut bisa melanggar kebebasan berbicara dan hak-hak individu. (ahl)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon