Dokumen Terbaru Apple Buktikan Bahwa Android OS Awalnya Tidak Dirancang Untuk Touchscreen




gopego.com





Dokumen Terbaru Apple Buktikan Bahwa Android OS Awalnya Tidak Dirancang Untuk Touchscreen




Jika Anda sempat membaca kisah tentang awal peperangan antara Apple dengan Android, maka Anda mungkin ingat bagian tentang bagaimana tim Android benar-benar terpukau oleh kemunculan perdana iPhone. Andy Rubin selaku pimpinan divisi Android pada masa itu bahkan langsung mengurungkan niatnya untuk meluncurkan ponsel Android pertama gara-gara tampilannya tampak sangat ketinggalan jaman jika dibandingkan dengan iPhone.


Kini seiring dengan babak baru antara peperangan Apple melawan Android, tim pengacara Apple menyertakan sebuah dokumen rahasia mereka yang intinya memberikan bukti tambahan bahwa Android awalnya sama sekali tak disiapkan sebagai sebuah mobile OS berbasis layar sentuh. Hal ini langsung berubah begitu Apple memperkenalkan iPhone, dan Apple ingin membuktikan sekali lagi bahwa Android telah menjiplak konsep perangkat telekomunikasi dengan layar sentuh yang mereka kembangkan.


Dalam dokumen tersebut, disebutkan bahwa Android OS awalnya lebih seperti OS Windows Mobile yang masih berbasis keypad (seperti BlackBerry) ketimbang OS berbasis layar sentuh. Dokumen tersebut menyatakan bahwa tidak ada dukungan untuk layar sentuh, dan produk (Android OS) pertama yaitu Google Sooner dirancang untuk dioperasikan lewat sejumlah tombol-tombol fisik. Sama sekali tidak ada dasar dalam pengembangannya yang menyatakan tentang kehadiran dukungan untuk layar sentuh di masa mendatang.



Tombol-tombol yang digunakan dalam ‘Google Sooner’ meliputi tombol-tombol ‘numerik, karakter bintang, pound, send, end, home, back, 2 buah soft keys, serta navigasi 5 arah (atas, bawah, kanan, kiri serta select).’ Desain dasar dari perangkat prototype Google tersebut tampak seperti perpaduan antara perangkat Symbian, BlackBerry serta Windows Mobile.


Namun iPhone mendadak muncul, dan akhirnya Google beserta tim Android terpaksa merombak konsep mereka tentang Android OS demi menyaingi iPhone. Kerja keras tersebut akhirnya terwujud lewat HTC Dream alias T-Mobile G1, ponsel Android pertama dengan layar sentuh dan juga slide-out keyboard di tahun 2008, dan akhirnya menjadi sumber peperangan hak paten antara kedua belah pihak hingga saat ini.


Source









Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon