Baterai Ponsel Android Lebih Boros Dari Biasanya? Ini Tips Mudah Untuk Mengatasinya

jasadh

Para pengguna ponsel Android mungkin sempat mengalami waktu dimana baterai dari ponsel mereka mendadak jauh lebih boros dari biasanya, padahal penggunaannya tetap normal seperti biasa. Frekuensi terjadinya insiden ini memang sangat jarang, namun begitu terjadi, indikator baterai di ponsel Anda mendadak cepat sekali berganti ke warna merah.


Jika Anda pernah mengalami masalah ini, gejala ini disebut sebagai ‘Sudden Battery Drain Syndome,’ dan tersangka utama dari bug ini tak lain adalah Google sendiri.


Sejumlah riset online mengungkapkan bahwa hal ini terjadi gara-gara Google Play Service yang umumnya tetap beroperasi aktif di background. Google sengaja mengatur agar layanan ini senantiasa aktif agar ponsel pengguna bisa terus tersinkronisasi dan terus ter-update. Layanan ini mencakup aplikasi buatan Google, juga aplikasi pihak ke-3 yang diinstall dari Google Play.


Nah, layanan ini kadang-kadang mendadak hang atau crash, dan akhirnya membuat sistem tertipu untuk terus melakukan sinkronisasi/update ke server Google walaupun sistem telah terupdate. Hasilnya? Kapasitas baterai langsung berkurang drastis karena ponsel terus-menerus berupaya mengakses data ke server Google.


Insiden ini umumnya hanya menyerang sebagian kecil pengguna Android saja, jadi tak heran jika jarang menjadi masalah besar dan mendapat banyak perhatian. Well, mengingat jumlah keluhan sangatlah minim, maka Google mungkin merasa bahwa mereka tak perlu memberikan fix untuk masalah ini.


Namun Anda tak perlu khawatir, karena ada sebuah cara yang sangat mudah untuk mengatasinya: begitu Anda mendapati bahwa baterai Anda menjadi lebih boros daripada biasanya, langsung saja reboot ponsel Anda. Cara ini akan segera mengakhiri crash di Google Play Service dan akhirnya ponsel bisa berfungsi seperti biasa.


Jika cara di atas masih belum efektif, maka Anda bisa mengecek apakah penyebabnya datang dari aplikasi lain. Cukup buka kolom informasi tentang baterai di bagian Settings, lalu lihat aplikasi apa yang paling banyak mengkonsumsi tenaga baterai. Jika aplikasi tersebut jarang Anda gunakan, langsung saja uninstall aplikasi tersebut untuk mengurangi beban dari ponsel Anda.


Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon