Barengi Peredaran Galaxy S5, Business Week Rilis Artikel Investigasi Tentang Kematian di Pabrik Samsung




gopego.com





Barengi Peredaran Galaxy S5, Business Week Rilis Artikel Investigasi Tentang Kematian di Pabrik Samsung




Hari ini merupakan hari yang sangat penting bagi Samsung, karena mereka merilis produk flagship pertama di tahun 2014 yaitu Galaxy S5. Sadar akan besarnya perhatian yang tertuju pada vendor Android terbesar di dunia tersebut, Business Week merilis sebuah laporan ekstensif yang membahas tentang buruknya kondisi kesehatan para pekerja di pabrik semikonduktor milik Samsung di Korea Selatan.


Artikel Business Week bercerita tentang Hwang Yu-mi dan Lee Suk-Yeong, 2 orang karyawan pabrik Samsung yang meninggal karena terserang leukimia akut, juga dampak dari kematiannya pada seluruh anggota keluarg mereka. Baik Hwang maupun Lee sama-sama bekerja di sebuah pabrik semikonduktor yang sehari-harinya berkecimpung dengan material karsinogenik.


Kematian 2 orang karyawan Samsung ini telah menjadi sebuah pemberitaan yang besar di Korea, dan sempat beberapa kali dikutip oleh media barat. Artikel Business Week ini ingin menekankan tentang meningkatnya perhatian dunia terhadap Samsung seiring dengan ambisi mereka untuk menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia.


Di Korea Selatan sendiri sempat beredar film berjudul Another Promise; sebuah film yang isinya sangat mirip dengan kisah tentang Hwang dan Samsung. Karena alasan hukum, nama Samsung di dalam film terpaksa diubah menjadi Jinsung.

Namun sayang Samsung malah mendapat pemberitaan negatif yang berlipat ganda akibat film ini; selain kasus tentang Hwang, Samsung juga dituduh telah menekan media setempat agar tidak meliput atau me-review film yang terinspirasi oleh kisah Hwang di Samsung. Pada saat ini, pendapatan Samsung tercatat setara dengan 16 persen GDP Korea Selatan, jadi tak heran jika mereka memiliki pengaruh yang sangat besar di negeri Ginseng tersebut.


Selain film Another Promise, ada juga film dokumenter berjudul Empire of Shame yang bercerita tentang upaya orang tua Hwang dalam menuntut keadilan bagi putrinya yang telah meninggal. Dokumenter tersebut mengungkapkan bahwa setidaknya ada 56 kasus leukimia serta kanker darah lain yang muncul di pabrik-pabrik Samsung. Para aktivis meyakini bahwa penggunaan material karsinogenik di dalam pabrik merupakan penyebab utama dari berbagai penyakit tersebut, dan mereka ingin Samsung bertanggung jawab.


Penasaran dengan kisah selengkapnya? Langsung saja baca ulasan lengkapnya di Business Week!


Source









Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon