Bahayakah Menggunakan ATM Ber-OS Windows XP?

jasadh

Ilustrasi. (foto: Reuters) Ilustrasi. (foto: Reuters) CALIFORNIA - Pada Januari lalu dilaporkan bahwa 95 persen ATM di seluruh dunia masih dijalankan dengan Windows XP. Sekarang, saat Windows XP sudah mati dan rentan serangan virus, bahayakah tetap menggunakan ATM Windows XP?



Berdasarkan laporan Informationweek.com, sebenarnya para nasabah bank tak perlu begitu khawatir jika ingin menggunakan mesin ATM. Tapi tetap saja, risiko itu tetap ada.



Dalam laporan tersebut dikatakan, sesungguhnya mesin ATM itu tidak tersambung ke jaringan internet publik yang biasa dan bisa diakses semua orang di seluruh dunia.



Mesin ATM memiliki jaringan khusus yang membuatnya terkoneksi kepada server. Sehingga kemungkinan penjahat siber meretas ATM dari jarak jauh itu kecil. Terkecuali, penjahat siber tersebut mendatangi langsung mesin ATM dan menanamkan program jahat atau malware untuk meretas dan membobol ATM.



Selain itu, perusahaan bank besar diyakini membayar Microsoft untuk memperpanjang masa dukungan Windows XP yang digunakan pada komputer mesin ATM tersebut. Lebih lagi, tak semua mesin ATM menggunakan Windows XP 'biasa' yang digunakan secara perorangan, yang mati pada hari ini.



Sejumlah mesin ATM menggunakan Windows XP Embedded yang masih mendapatkan dukungan sistem keamanan dari Microsoft selama beberapa tahun ke depan. Kendati, beberapa perusahaan bank memilih untuk melakukan migrasi OS dari Windows XP ke sistem operasi yang lebih baru.



Namun sayangnya, mesin ATM yang menggunakan Windows XP biasa dengan Windows XP Embedded itu tak dapat dibedakan oleh para nasabah bank. Sehingga risiko dalam penggunaan mesin ATM yang sebagian besar masih menggunakan Windows XP ini masih besar. (amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon