Apple Sindir Samsung via Iklan Hari Bumi

jasadh

Iklan Apple di Hari Bumi 22 April 2014. Iklan Apple di Hari Bumi 22 April 2014. CUPERTINO - Apple turut memeringati Hari Bumi dengan merilis iklan bertemakan Go Green, tetapi sekaligus berisikan sindiran tak tersurat untuk pesaing terberatnya; Samsung. Iklan tersebut disebarkan oleh Apple lewat satu halaman penuh di surat kabar hampir seluruh dunia.



Dalam iklannya Apple menuliskan, "Ada sejumlah ide yang kami ingin semua perusahaan menjiplaknya." Kalimat tersebut ditulis dalam ukuran huruf yang besar.



Maksud dari kalimat itu kemudian dijelaskan pada sejumlah paragraf di bawahnya, bahwa Apple telah menggunakan sumber daya ramah lingkungan untuk mentenagai toko ritel dan data center. Oleh karena itu, Apple menginginkan perusahaan lain meniru penggunaan sumber daya ramah lingkungan untuk perusahaan.



Itu makna yang tersurat. Sedangkan dari kalimat yang ditulis dengan ukuran huruf lebih besar itu memiliki makna tersirat yang sudah pasti dipahami oleh kebanyakan orang. Pada kalimat tersebut Apple menggunakan kata 'ide' dan 'jiplak', yang mana sangat berkaitan dengan kasus yang saat ini sedang ditangani di meja hijau antara Apple dengan Samsung. Ya, terkait kasus paten iPhone yang klaim Apple telah dijiplak oleh Samsung untuk membuat Galaxy S.



Mengutip laporan PhoneArena, Rabu (23/4/2014), Apple memang kerap menjadi bahan olok-olok para kompetitornya seperti Samsung, Nokia, dan juga Amazon. Kompetitor Apple tersebut mengejek Apple lewat video komersial yang membandingkan kemampuan perangkat.



Adapun sindiran yang dilakukan oleh Apple untuk Samsung ini tak serta merta sebagai bahan ejekan secara langsung. Apple memiliki gaya yang elegan untuk menyerang lawannya dengan kata-kata dan gerakan yang positif; penggunaan sumber daya ramah lingkungan. (amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon