Apple Patenkan Desain Baru EarPods dengan Fitur Akselerometer

jasadh

Sebuah dokumen paten mengungkap gadget baru yang dipersiapkan Apple. Dari dokumen paten tersebut bisa dilihat sebuah akselerometer yang ditanam di dalam sebuah earbud. Fungsi dari sensor tersebut adalah untuk medeteksi gangguan suara yang mauk ke telinga pengguna.


Dipadu dengan data dari mikrofon yang terhubung kabel, adanya ekselerometer di earphone akan mampu meningkatkan kemampuan menekan gangguan suara. Dengan demikian suara yang diterima user akan jauh lebih jernih.


Paten milik Apple tersebut diberi judul ‘Sistem dan Metode untuk Mendeteksi Kegiatan Suara User Menggunakan sebuah Akselerometer.’ Ditekankan dalam paten tersebut bahwa pengoperasian handset secara hands-free seringkali mengakibatkan mikrofon menangkap suara selain suara user, sepeti suara kendaraan yang berlalu-lalang, dll. Karenanya kualitas suara yang dihasilkan lewat mikorofon menurun. Untuk itulah Apple menanamkan sebuah akselerometer di dalam earbud yang mereka buat.


Dengan ditanam langsung di dalam kanal telinga maka akselerometer akan mampu mendeteksi setiap ucapan karena suara itu akan menimbulkan getaran di indra ucap pengguna. Dengan sinyal getar yang berasal dari akselerometer dan indra ucap yang diterima mikrofon dalam earbuds maka Apple mampu mendeteksi ucapan pengguna.


Paten terbaru Apple ini didaftarkan pada tanggal 15 Maret tahun lalu dan dipublikasikan pada 3 April 2014 kemarin. Dengan adanya paten ini maka diprediksi rilisan baru iPhone akan menghadrikan earphone versi baru dengan fitur utama akselerometer. Jadi bersiaplah menyambut rilis iPhone 6 dengan sebuah EarPods model baru ;)




Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon