Apple Incar Renesas Electronics, Produsen Chip Controller Untuk Display Smartphone

jasadh

Apple selama ini dikenal sebagai sosok perusahaan teknologi dengan berbagai macam inovasi canggih. Untuk memastikan bahwa mereka bisa terus kompetitif dalam menghasilkan inovasi-inovasi baru, Apple gencar membidik berbagai macam startup baru yang memiliki potensi besar, atau perusahaan lain yang mereka anggap mampu mendongkrak kualitas calon produk terbaru.


Perusahaan terbaru yang kini masuk dalam daftar bidikan Apple adalah Renesas Electronics, sebuah perusahaan asal Jepang yang memproduksi chip controller untuk display smartphone. Apple menganggap bahwa para engineer di perusahaan tersebut akan mampu membantu mereka dalam meningkatkan kualitas battery life serta tingkat ketajaman display dalam produk iPhone & iPad.


Apple kabarnya kini telah memasuki tahap negosiasi untuk mengakuisisi Renesas dengan nilai mencapai $479 juta. Jika upaya ini sukses, maka Apple akan bisa memproduksi sendiri chip controller untuk iPhone & iPad ketimbang memesannya ke perusahaan lain seperti yang selama ini mereka lakukan. Teknologi yang paling diincar Apple dari akuisisi ini adalah Renesas SP Drivers, sebuah teknologi yang dikembangkan oleh 3 pihak: Renesas, Sharp dan Powerchip.


Renesas memiliki saham sebesar 55 persen dari perkongsian ini, dan Apple menginginkan 55 persen saham tersebut untuk mereka sendiri. Dari sisa saham 45 persen yang ada, 25 persen dimiliki Sharp sedangkan 20 persen lainnya dimiliki Powerchip. Setelah akuisisi selesai, Sharp kabarnya siap menjual 25 persen saham mereka di perkongsian ini dan memungkinkan Apple untuk memiliki 80 persen saham dari Renesas SP Drivers.


Renesas SP saat ini dikenal sebagai salah satu perusahaan terkemuka dalam bidang driver dan chip controller untuk layar LCD berukuran kecil dan menengah, dan pangsa pasarnya mencapai 1/3 dari keseluruhan pasar chip controller. Chip LCD buatan Renesas saat ini telah digunakan Apple di dalam iPhone.


Source


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon