30 Ribu Pengguna Android Kena Tipu Aplikasi

jasadh

Virus Shield. (screenshot) Virus Shield. (screenshot) CALIFORNIA - Sebanyak 30 ribu pengguna ponsel Android tertipu dengan aplikasi di Google Play Store yang diklaim sebagai aplikasi anti-virus yang handal. Lebih parahnya, setiap pengguna yang tertipu itu telah membayar untuk aplikasi palsu.



Aplikasi tersebut bernama Virus Shield hasil karya cipta dari developer bernama Deviant Solutions. Aplikasi anti-virus ini mendapat rekomendasi yang bagus dengan rating lima bintang, komentar atau review dari pengguna yang positif, serta tercatat dalam daftar aplikasi berbayar terbaik di Google Play Store.



Hanya dalam satu minggu sejak peluncuran perdana 28 Maret lalu, aplikasi tersebut sudah dibeli dan diunduh oleh 30 ribu pengguna. Namun sayangnya, sebanyak itulah pengguna yang tertipu. Harga dari aplikasi tersebut dibanderol USD3,99.



Pada deskripsinya aplikasi tersebut dikatakan oleh pengembang bisa mencegah ancaman dari aplikasi berbahaya yang diinstalasi di perangkat pengguna. Virus Shield juga diklaim akan memindai setiap ada aplikasi baru, menggunakan daya baterai yang sedikit, dan tanpa iklan. Namun nyatanya, tiap pengguna yang mengunduh aplikasi tersebut mendapatkan tanda 'X' pada setiap logo aplikasi yang sudah ada di ponselnya.



Mengutip PhoneArena, Sabtu (12/4/2014), untungnya aplikasi tersebut sudah ditarik kembali oleh Google dari toko aplikasi Google Play Store. Dan tiap pengguna yang sudah membayar sebesar USD3,99 dikembalikan seluruh uangnya. (amr)




Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon