Chipset Exynos 64-Bit Baru Siap Rilis Akhir Tahun 2014


Pasca pengumuman iPhone 5s yang menggunakan prosesor mobile 64-bit pertama di dunia tahun lalu, berbagai produsen chipset mobile di platform Android segera mengungkapkan rencana mereka untuk mengikuti jejak Apple tersebut. Samsung sebagai produsen chip Apple A7 yang digunakan di dalam iPhone 5s juga tak mau ketinggalan dan memastikan bahwa chipset Exynos 64 bit siap rilis tahun 2014.

Rumor pun segera berhembus kencang dan mengatakan bahwa Samsung tampaknya siap meluncurkan prosesor tersebut di awal tahun 2014, dengan perkiraan akan digunakan di dalam Galaxy S5 yang rilis di bulan Maret/April. Namun setelah melewati 2 buah ajang pameran teknologi di awal tahun (CES & MWC), prosesor 64-bit tersebut masih belum menampakkan diri, dan Samsung hanya mengumumkan 2 buah chipset Exynos terbaru yaitu octa-core 5422 dan hexa-core 5260.

Lalu kapankah giliran prosesor Exynos 64-bit muncul?

Untuk meredam rasa penasaran, salah seorang eksekutif Samsung yaitu Kyushik Hong memastikan bahwa prosesor 64-bit masih masuk dalam rencana jangka panjang mereka, walaupun peluncurannya mungkin akan masih tidak dalam waktu dekat. Hong mengatakan bahwa Exynos 64-bit kemungkinan baru akan siap diluncurkan sebelum berakhirnya tahun 2014. Pertimbangannya? Samsung ingin merilis chip 64-bit ketika Android memang telah benar-benar mampu memberikan dukungan sepenuhnya untuk platform 64-bit.

Hong meyakini bahwa dukungan untuk platform 64-bit sangatlah penting; terlepas dari apakah sebuah smartphone memang benar-benar membutuhkannya, permintaan pelanggan menghendaki kehadirannya di industri smartphone.









Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon