Caplok Oculus, Facebook Gelontorkan USD2 Miliar

jasadh

(Foto: Vr-zone) (Foto: Vr-zone) CALIFORNIA - Facebook membeli perusahaan pelopor teknologi Virtual Reality (VR), Oculus Rift dengan biaya USD2 miliar. Setelah caplok WhatsApp pada Februari lalu, raksasa jejaring sosial ini membeli perusahaan VR, yang diharapkan akan menyediakan layanan hiburan baru.



Dilansir Vr-zone, Rabu (26/3/2014), tampaknya akuisisi ini merupakan rencana Facebook untuk memperkuat media baru dari integrasi sosial media. Facebook bakal memberikan kompensasi pada perusahaan VR dengan USD400 juta secara tunai.



Selain itu, kompensasi 23,1 juta saham milik perusahaan sekira USD1,6 miliar. Persetujuan ini juga menjanjikan Oculus dengan tambahan USD300 juta jika angka penjualan tertentu telah tercapai.



Belum diketahui pasti seperti apa detail layanan yang akan disediakan bagi konsumen atas akuisisi Oculus ini. Namun, platform VR diharapkan bisa memperluas fungsinya pada jejaring sosial serta menambah nilai Oculus terkait dengan komunikasi, media, hiburan, edukasi dan lain-lain.



"Mobile adalah platform hari ini, dan kini kami siap untuk platform esok hari. Oculus, memiliki kesempatan untuk menciptakan platform sosial dan mengubah cara kita bekerja, bermain dan berkomunikasi," kata CEO dan pendiri Facebook, Mark Zuckerberg.



CEO Oculus VR, Brendan Iribe mengatakan, pihaknya sangat senang untuk bekerja dengan Mark dan tim Facebook untuk memberikan platform VR yang sangat baik di dunia. "Kami percaya virtual reality akan sangat ditentukan oleh pengalaman sosial, yang menghubungkan orang secara ajaib, cara-cara baru," tutur Brendan. (ahl)







Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon