Nod to Pay: Aplikasi Untuk Lakukan Pembayaran Bitcoin via Google Glass


Belum selesei perdebatan boleh tidaknya penggunaan bit coin, sekarang google glass akan terintegrasi dengan alat pembayaran virtual tersebut.
Melihat popularitas bitcoin selama beberapa bulan terakhir, sebuah startup asal Belanda ingin mengintegrasikan satuan mata uang virtual tersebut pada Google Glass. Dengan menggunakan elemen Google Glass, bitcoin plus QR code, aplikasi Nod to Pay akan memudahkan pengguna untuk melakukan pembayaran dengan cara menganggukkan kepala saja, tanpa perlu menggerakkan tangan sama sekali.


Cara kerjanya pun sangat mudah: pihak vendor yang menangani pembelian lewat sistem mereka akan menampilkan sebuah QR code berukuran besar di layar Google Glass pelanggan, yang kemudian akan melakukan scanning QR code serta melakukan gerakan mengangguk untuk mengesahkan pembayaran.

Google Glass selama ini telah memiliki kemampuan untuk scanning QR code, namun penggunaannya masih sebatas untuk keperluan mengakses jaringan WiFi. Lewat Nod to Pay, pihak developer EAZE akan menggabungkannya dengan aplikasi point-of-sale yang beroperasi via tablet Android ataupun iPad.

Untuk para vendor, EAZE menjanjikan bahwa proses instalasi aplikasi mereka akan sangat mudah: cukup download aplikasi, buat sebuah akun baru lengkap dengan logo brand, lalu segera mulai menerima pembayaran bitcoin via Nod to Pay. Bagi para pengguna Glass, akan ada kemungkinan adanya aturan pengenaan batas atas transaksi, dimana tiap transaksi yang nilainya di atas batasan yang telah ditentukan akan memerlukan akses kode PIN.

EAZE tidak membatasi bahwa layanan mereka akan terbatas untuk perangkat Google Glass saja; EAZE saat ini juga tengah mengembangkan berbagai metode lain untuk melakukan transaksi pembayaran via perangkat wearable, seperti menepuk ataupun menggoyang pergelangan tangan untuk perangkat seperti wristband atau smartwatch.

Pemilihan mata uang bitcoin tak lain disebabkan oleh wujudnya yang sudah virtual, dan EAZE mengindikasikan bahwa penggunaan satuan mata uang tradisional akan mutlak memerlukan sebuah upgrade teknis untuk bisa disertakan ke dalam sistem Nod to Pay. Perkecualian ini mungkin akan menghadirkan celah dimana pihak penyedia layanan pembayaran terkemuka seperti Square atau VISA sebuah lahan baru untuk bersaing dalam layanan pembayaran mobile lewat perangkat wearable.

Untuk lebih jelasnya, simak video berikut ini:








Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon