Mari Mencegah Diabetes

Mari Mencegah Diabetes. Diabetes disebabkan karena menurunnya produksi insulin dalam tubuh. Bisa dikarenakan keturunan ato juga dari faktor luar. Dalam keluarga misal, kita kenali ada riwayat yang terkena gula ato gag. Bisa ortu,  ato bahkan dari kakek nenek. Meskipun diabetes ini bisa dari turunan, namun juga bisa disebabkan dari pola makan dan pola hidup kita sendiri. Dan berikut beberapa hal sederhana yang dapat kita lakukan untuk mencegahnya, yaitu :


Mari Mencegah Diabetes
Mencegah Diabetes


1. Pertahankan berat badan yang sehat.

Sebagian besar orang yang didiagnosis diabetes memiliki kelebihan berat badan. Kelebihan berat dan lemak tubuh akan meningkatkan risiko terkena diabetes.

2. Tetap aktif secara fisik.

Olahraga secara teratur agar tubuh tetap bugar dan berat badan terkontrol. Olahraga sangat penting terutama jika secara genetik seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi.
3. Diet yang seimbang, rendah lemak dan gula.

Diabetes merupakan penyakit yang ditandai dengan adanya penurunan kemampuan tubuh dalam memproduksi ataupun menggunakan insulin untuk mengubah gula menjadi energi, sehingga penting untuk membatasi jumlah gula dan karbohidrat yang dikonsumsi.

4. Lakukan pemeriksaan kesehatan.

Jangan abaikan kesehatan tubuh meskipun cuma sakit ringan gan.
Setiap orang yang berusia diatas 45 tahun harus memiliki jadwal rutin pemeriksaan kadar gula darah setiap 3 tahun sekali. Namun, jika seseorang termasuk kelompok dengan faktor risiko tinggi, pemeriksaan rutin harus dimulai pada usia lebih dini.

5. Rutin cek tekanan darah.

Periksa secara rutin dan berkala tekanan darah, karena biasanya penderita diabetes dibarengi dengan darah tinggi.

6.Perbanyak konsumsi buah dan sayur.

Berdasarkan dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa bioflavonoid, zat warna dalam buah-buahan dan tanaman, akan dapat membantu merangsang produksi insulin yang pastinya sangat bermanfaat dan berguna bagi penderita diabetes.


Marilah sedini mungkin mencegah diabetes untuk kebahagiaan hidup bersama keluarga tercinta, anak, bahkan sampai cucu kita. Terimakasih telah membaca artikel Mari Mencegah Diabetes. Semoga bermanfaat.


Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon