Berlebihan Menggunakan Smartphone Beresiko Pada Otak


Apapun yang namanya berlebihan pasti ada efek buruknya gan. begitu juga berlebihan dalam menggunakan smartphone. bagi gadgetholic pastinya gag bisa lepas dari smartphone. Mari kita simak resikonya pada otak gan, cekidooot :



1. Memori deklaratif dalam otak berkurang
Memori deklaratif dalam otak mampu mengingat data penting, seperti nomor telepon, tanggal dan waktu pertemuan, dan tanggal-tanggal penting seperti ulang tahun.

"Dulu kita akan dengan mudah mengingat setidaknya 10 nomor telepon penting dengan hafalan, sehingga otak terus bekerja. Dengan adanya fitur pengingat di smartphone, otak tidak lagi bekerja untuk bisa mengingat wajah, nama dan nomor," ujar dr Ravat.

2. Perkembangan kecerdasan anak tertinggal
Tidak adanya rangsangan eksternal menurut Shraddha Shah, psikolog klinis Departemen Neurologi di KEM, paling dikhawatirkan berdampak pada anak-anak. Teori Piaget tentang Pengembangan Kognitif, menyatakan perkembangan kecerdasan manusia berkaitan dengan sifat pengetahuan itu sendiri dan bagaimana manusia secara bertahap memperoleh, membangun dan menggunakannya.

"Proses mental kesadaran, persepsi, penalaran dan penilaian hanya dapat dibangun jika anak mengalami sesuatu yang bersifat fisik, seperti bermain dengan tanah atau bola. Hal ini tidak didapat jika anak hanya menatap layar. Kegiatan fisik membantu membangun keterampilan motorik anak," ungkap Shah.

3. Pikiran manusia dipaksakan untuk 'multi-task'
Ketergantungan pada mesin pencari seperti Google membuat kita malas untuk berpikir. Selain itu, smartphone mendorong untuk melaksanakan beberapa tugas sekaligus (multi-tasking).

Silahkan Meninggalkan Komentar Dengan Bijak dan Sopan
EmoticonEmoticon